Magelang dan Solo

Mungkin sudah tidak asing lagi sama daerah tersebut. Magelang adalah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa tengah, ibu kota kabupaten ini adalah kota Mungkid kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten Temanggung dan kabupaten Semarang. Semboyan dari kabupaten ini adalah Magelang Gemilang(Gemah Ripah Iman Cemerlang) untuk sobat semua disini saya ingin bercerita tentang liburan di kabupaten Magelang dan Solo.

Magelang solo

Pesona yang tak kalah menariknya di kota Magelang selain candi Borobudur ada lagi sobat,tepat pada tanggal 30 Desember ,saya dengan keluarga besar merencanakan perjalanan menuju daerah Magelang ,disana tempat wisata yang pertama kali kita kunjungi adalah makam gunung Pring yang terletak di kecamatan Muntilan kabupaten Magelang.

Waktu kita berangkat setelah subuh dan sampai di Magelang sore,Esttt tapi itu belum sampai ditempat tujuan kita beristirahat di masjid yang terletak dekat jalan Pantura setelah itu langsung lanjut perjalanan menuju gunung Pring untuk berziarah di makam kyai Raden santri ,karena kita sampai disana waktu malam akhirnya keluarga memutuskan untuk bermalam disana, tepatnya di penginapan dekat dengan makam kyai Raden santri.

Pada waktu pagi kita sekeluarga bersiap siap untuk melanjutkan perjalanan.Jam menunjukkan pukul 06:00 WIB kita sekeluarga sudah sampai di kecamatan Megarsari yang dekat dengan gunung tidar,disana terdapat pemakaman Syekh Subakir.

Jalan menuju pemakaman tersebut tidak mudah Lo sobat,disana terdapat anak tangga yang harus kita lalui untuk mencapai makam tersebut. Anak tangga itu dikelilingi dengan pohon-pohon yang rindang dan menjulang tinggi diantaranya ada pohon Pinus yang katanya tanaman tersebut adalah bahan dasar pembuatan korek api dan rindangnya pohon Pinus menambah sejuknya udara disekitar gunung tidar.

Mungkin membutuhkan waktu kurang lebih 1jam untuk naik kepuncak pemakaman yang dekat dengan gunung tidar tersebut jadi tak heran lah sobat kita diajarkan untuk bersabar dalam suatu hal apapun,okey sobat semua jam menunjukkan pukul 07:00 WIB kita sekeluarga sudah sampai di puncak gunung tidar disana pemandangannya adem banget.

Makam Syekh Subakir berbentuk bulat yang terbuat dari batu bata merah dan disekitar makam terdapat seperti museum, setelah bermunajat kepada Nya kami sekeluarga turun dan lanjut perjalanan menuju kota solo.

Kita sekeluarga sampai disolo pukul 13:00WIB ga kebayangkan gimana perjalanan yang jauh banget hehehe...pada waktu itu bertepatan dengan acara haul solo yaitu haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi beliau adalah pengarang maulid Simtud Durar yang mana berada dipasar Kliwon Solo atau kampung Arab Solo disana terdapat berbagai kalangan masyarakat yang datang dari luar maupun dalam negara. Banyak para Habaib para kyai para santri ikut serta menghadiri haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi.

Kami sekeluarga langsung memasuki area Masjid Riyadh yang didirikan oleh Habib Alwi bin Ali Al Habsyi merupakan salah satu putra beliau , setelah berdoa dan bermunajat kepada Allah SWT kita sekeluarga berkeliling untuk mencari oleh-oleh khas kampung Arab itu setelah lama berkeliling kita beristirahat untuk menghilangkan lelah selama perjalanan dari Magelang ke Solo hingga adzan asar berkumandang kita langsung berjamaah disana.

Waktu menunjukkan pukul 16:00WIB kita bergegas langsung menaiki mobil untuk melanjutkan perjalanan pulang ..yeeyeyye kita pulang heheh akhirnya capenya hilang sore itu kita pulang ke Rembang Jawa tengah dan sampai rumah pukul 03:00 WIB dini hari ga kebayang gimana serunya.

Okey sobat semua ini cerita kecilku tentang liburanku dengan keluarga besar Bani Asmuri semoga kalian bisa ngerasain gimana kesannya hadir dihaul Solo yang begitu ramai dan dikunjungi oleh para orang alim ademnya Masya Allah deh okey sobat semua saya disini hanya sekedar berbagi kebahagiaan okey terimakasih. Jangan lupa jaga kesehatan, pake masker dan jaga jarak aman okey, jangan terlalu baper.